Kamis, 19 September 2013

Potensi Keuntungan dan Kerugian, Emas Fisik dan Online

Investasi Emas Online tidak membuat kita bertambah kaya, tetapi investasi emas dapat membuat kita mempertahankan kekayaan kita. Terkadang investasi emas di ibaratkan seperti memiliki pohon uang yang terus membuahkan keuntungan karena dianggap harganya selalu menanjak naik dari tahun ke tahun. Namun perlu diingat juga emas bagian dari komoditi yang terpengaruh terhadap pergerakan kondisi ekonomi dunia. Yang penting kita bisa memprediksi harga pasarnya. Investasi emas bisa dilakukan dengan cara tradisional dengan menyimpan secara fisik seperti koin emasbatangan dan dalam bentuk emas perhiasan.

Apakah cara ini berhasil? Cara berinvestasi emas fisik ini adalah cara klasik yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala dan sampai saat ini masih dilakukan untuk investasi. 

Apakah ada resikonya, sudah pasti ada karena setiap namanya investasi pasti ada nilai resiko, bisa jadi harga nya turun, kecurian atau kehilangan akibat disimpan di rumah, atau sewaktu dipakai atau dibawa dari tempat pembelian emas bisa dijambret oleh orang-orang yang mempunyai niatan jahat dan kalau disimpan di safe deposit bank bayar biaya tahunan. Nah untuk potensi keuntungannya seperti apa, potensi keuntungan yang ditawarkan dari investasi emas phisik ini tidak terlalu besar dibandingkan dengan model emas online dan biaya yang diperlukan untuk membeli emas fisik juga membutuhkan modal yang besar untuk investasi nya, bisa juga dilakukan dengan membeli sedikit-sedikit tetapi harganya tidak tetap kan pasti berfluktuatif mengacu pada harga pasar yang ada di pusat pasar emas dunia loco London.

Dari mana kita tahu bahwa harga emas tersebut naik atau turun, yang pastinya dari harga pasar, harga pasar bersumber dari mana dari pasar emas dunia loco London. Apakah ada sebuah rumusan atau formula untuk menghitung nya seperti apa, rumus nya ada seperti di bawah ini.

Harga emas loco London X Kurs Dollar terhadap Rupiah X 1 gr / 31.1 troy ounce.

Semua faktor yang diatas berfluktuatif makanya harga emas befluktuatif kecuali pembagi nya itu konstanta harganya tetap 31,1 gr. 
  1. Kalau seandainya harga emas di loco London harga nya naik dan kurs dollar terhadap rupiah, rupiah lemah terhadap dollar maka harga emas fisik di pasaran juga naik. 
  2. Dan kalau seandainya harga emas di loco London turun dan kurs dollar terhadap rupiah, rupiah mengalami penguatan maka maka harga emas fisik akan turun di pasaran. 
  3. Nah kalau harga emas di loco London naik dan kurs dollar terhadap rupiah, nilai rupiah melemah,
  4. Dan kalau seandainya harga emas di loco London turun dan kurs dollar terhadap rupiah, rupiah mengalami penguatan dapat kita hitung seperti perhitungan dibawah ini.
Mis : Harga emas loco London = 1600 (naik)
Kurs dollar terhadap Rupiah = 9500 (rupiah lemah) berapa harga emas fisik dipasaran. Coba kita hitung estimasi harga pasar emas fisiknya seperti rumus diatas tadi. 
  1. 1600 X 9500 X 1 / 31.1 = Rp. 488745,- / gram
  2. 1500 X 9000 X 1 / 31.1 = Rp. 434083,- / gram
  3. 1600 X 9000 X 1 / 31.1 = Rp. 463022,- / gram
  4. 1500 X 9500 X 1 / 31.1 = Rp. 458199,- / gram
Seperti itu lah perhitungan nya dari keempat pernyataan tersebut diatas.

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

leave comment

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange

5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan GRATIS Artikel dari blog ini. Pergunakan vasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

Me

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar atau kritik serta saran yang membangun untuk kemajuan isi konten blog ini, Terima kasih No Sara, No Racism