Kamis, 19 September 2013

Hati-hati terhadap tawaran Investasi Emas

Disaat harga emas sedang bearish sebaiknya berhati-hati menerima tawaran investasi berimbal hasil tetap (fixed income) dari perusahaan-perusahaan yang mengaku-ngaku bergerak dalam industri pertambangan emas.

Biasanya perusahaan investasi ini menawarkan model skema perdagangan emas yang hampir serupa dengan perusahaan-perusahaan penipuan investasi emas lainnya, yang membedakannya adalah volume investasinya ada yang minimal Rp. 100.000,- sampai minimal Rp. 50.000.000,- atau bahkan ada yang minimal Rp. 100.000.000,-. Dengan menawarkan imbal hasil fixed income 2,5% per bulan sampai 10% tiap bulannya. Waaowww fantastis.

Sebaiknya dalam berinvestasi hal yang paling penting diketahui adalah, apakah perusahaan tersebut beralamat dan berkantor di Indonesia atau dari luar negeri serta ijin usaha yang didapatkan perusahaan tersebut berasal dari negara mana? Apakah ada segregated account dalam setoran dana nasabah, kalau tidak segera hindari. Jangan terbujuk rayu karena iming-iming keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Dalam berinvestasi emas sebaiknya perlu diperhatikan perbedaan antara emas fisik dan online.  Apa perbedaanya ? coba dibuka pada lembaran sebelumnya disini potensi keuntungan dan kerugian emas fisik dan online. Sebagian masyarakat apabila ditanya lebih baik mana berinvestasi emas fisik atau online kebanyakan berpendapat dan menyarankan bahwa berinvestasi dalam bentuk emas fisik lebih baik dibandingkan dengan emas online, tetapi semua sama saja, karena sifatnya investasi dan tujuan nya jangka panjang masing-masing investasi tersebut mempunyai faktor resiko juga.

Kalau dari sifat nya masing-masing investasi baik emas fisik dan emas online mempunyai sifat likuid mudah dicairkan. Emas fisik juga kalau dijual disaat harga emas sedang murah tetap rugi juga, bedanya dengan emas online kita masih bisa menahan penurunan harga dengan menyesuaikan harga yang terjadi saat ini dengan kondisi margin. Kelebihan emas online kalau asumsi dan analisa kita bahwa harga emas akan mengalami penurunan harga dikemudian hari maka dapat membuka dengan kontrak sell emas pada transaksi perdagangannya.Tetapi investasi adalah pilihan, selanjutnya tergantung dari pribadi masing-masing bagaimana memaksimalkan sebuah resiko yang mungkin timbul di kemudian hari akibat investasi. Salam trading.

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

leave comment

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange

5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan GRATIS Artikel dari blog ini. Pergunakan vasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

Me

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar atau kritik serta saran yang membangun untuk kemajuan isi konten blog ini, Terima kasih No Sara, No Racism